Tetap Stabil Harga Sayur Di Pasar Tradisional

Daftarhargakomoditi.web.id – Tidak ada yang berubah dari harga sayuran di Pasar Rawa Badak akir-akhir ini. Semua sayuran normal dengan harga sejak dua minggu terakhir. Mayo (40), salah satu pedagang sayur di Pasar Rawa Badak, mengungkapkan bahwa dagangannya tidak mengalami kenaikan atau penurunan. Untuk berbagai jenis cabai, harganya mulai dari Rp. 30 ribu per kilogram menjadi Rp. 40 ribu per kilogram.

“Cabai merah besar Rp 40 ribu, cabai merah keriting Rp 30 ribu, cabai rawit hijau juga Rp 30 ribu. Tomat sekarang masih Rp 12 ribu, belum berubah lagi,” ujarnya pada Liputan6.com, seperti ditulis Selasa (26/03/2019).

Sementara, bawang merah berada di angka Rp 30 ribu per kilogram dan bawah putih cutting dihargai Rp 40 ribu per kilogram, meski sempat naik jadi Rp 42 ribu per kilogram. Komoditas lain seperti kentang masih stabil Rp 15 ribu per kilogram.

Selain May, Rudi (39) juga menyatakan harga sayurannya masih stabil. Untuk pendapatan, dirinya mengaku tidak ada penaikan maupun penurunan. Rudi sendiri mematok harga sayuran dengan selisih Rp 1.000 dari harga umum.

“Kalau jual sayur sebenarnya gini-gini aja, karena meskipun naik kan memang dari petaninya yang naik, turun juga dari petaninya. Nggak ngaruh, sebenarnya,” ujarnya.
Harga Tomat dan Cabai Merah Besar Naik di Pasar Rawa Badak

Sedangkan dua pekan lalu, harga sayur mayur di Pasar Rawa Badak, Jakarta Utara bervariasi. Beberapa komoditas harganya sudah stabil, namun untuuk tomat dan cabai merah besar masih mengalami kenaikan cukup besar.

Baca juga : Pasar Tempo Dulu Bernuansa Trending

Cabai merah besar naik dari Rp 32 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram (kg). Harga tomat juga naik dari Rp 12 ribu per kilogram menjadi Rp 18 ribu per kilogram. Hal yang sama terjadi pada cabai rawit merah, yang tadinya Rp 35 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

Rosidi (44), salah satu penjual sayur mayur mengungkapkan, harga sayur semakin tidak bisa diprediksi. Kenaikan dan penurunan pasti akan terjadi bergiliran dengan selisih besar.

“Enggak pasti, kemarin tomat cuma Rp 12 ribu, tahu-tahu naik Rp 6 ribu. Cabai juga begitu. Nanti kalau turun, turunnya drastis lagi,” ujarnya pada Liputan6.com, pada Senin 11 Maret 2019.

Selain Rosidi, Eroh (50) mengatakan hal sama. Meski begitu, harga sayur mayur tidak mempengaruhi jumlah pembeli.

“Mungkin karena butuh setiap hari, orang kalau mau masak perlu cabai, bawang, tomat, mau harga mahal atau nggak ya tetap dibeli,” tutur dia.

Sementara, harga komoditas lain terpantau stabil selama sepekan terakhir. Harga cabai merah keriting, cabai rawit hijau dan bawang merahu stabil di angka Rp 30 ribu per kilogram. Bawang putih cutting juga masih berada di harga Rp 40 ribu per kilogram.

Untuk kentang masih dihargai Rp 15 ribu per kilogram, begitu pula kelapa kupas dengan harga Rp 8 ribu per kilogram.