Harga Minyak Dunia Menguat Karena OPEC

Daftarhargakomoditi.web.idHarga minyak menjadi kuat karena OPEC. Menguatnya harga minyak Indonesia di cek oleh bursa New York Mercantile Exchange dan pengecekan tersebut berdasarkan data mulai dari januari sudah menguat.

Dengan adanya keputusan ini, menjadikan harga minyak WTI kontrak Januari di rilisan bursa New York Mercantile Exchange menguat 0,09 (0,16%) ke posisi US$ 57,39/barel.

Sedangkan harga minyak jenis Brent, rilisan pasar ICE Future di London dalam posisi melemah 0,46 (0,73%) di level US$ 63,57/barel.

Sejak bulan lalu memenag perdagangan minyak mampu naik dengan kisaran rata-rata 5,6%. Di rapat evaluasi yang pertama lalu memang sudah diketahui jika akan ada pemangkasan stok produksi minyak mentah sebesar 1,8 juta bph, jika minyak mampu naik 17%.

Penguatan harga minyak mentah dunia memang juga dipengaruhi dukungan kuat dari pihak Arab Saudi dan Rusia didalam melanjutkan waktu pemangkasan jumlah produksi minya sebanyak 1,8 juta bph. Semula memang akan sampai bulan Maret 2018 dan sesudah keputusan akan sampai akhir tahun 2018 nanti.

Baca juga : Flynn Redam Melambungnya Harga Minyak

Sebelum adanya pertemuan, memang sehari sebelumnya ada pertemuan tertutup 6 menteri dan diketahui kalau Rusia dan Iran sama sekali tak menginginkan adanya perpanjangan pemangkasan produksi minyak yang usai di Maret 2018 nanti. Namun dua negara ingin jika ada sebuah evaluasi ulang lagi di bulan Juni 2018.

Dalam laporan, pihak Nigeria dan Libya akan memulai aksi pembatasan produksi di awal tahun 2018. Jika masih banyak negara yang tidak setuju masa perpanjangan batasan sampai akhir tahun, maka selepas Maret pembatasan ini akan tidal diberlakukan lagi.

EIA melaporkan jika sejak pekan lalu produksi minyak AS sudah mengalami kenaikan sebesar 24 ribu bhp ke kisaran 9,68 kuta bph. Dan angka produksi ini memang masih ada di bawah total produksi dari Rusia dan Arab Saudi.