Harga Emas Pulih dari Penurunan Pasca Keputusan The Fed

Daftarhargakomoditi.web.id – Harga emas naik pada Jumat siang kemarin, pulih dari penurunan pada sesi sebelumnya setelah hasil keputusan pertemuan kebijakan terbaru Federal Reserve AS.

Emas Berjangka untuk penyerahan Desember menguat 0,4% pada 1,512,25 per ons berdasar data divisi Comex di New York Mercantile Exchange (NYMEX) pukul 12:42 ET (04:42 GMT).

The Fed memotong suku bunga 25 basis poin untuk kedua kalinya tahun ini Kamis. Tingkat dana federal sekarang berkisar 1,75% hingga 2%.

Dolar AS, yang biasanya bergerak berlawanan arah dengan logam kuning, tetap bergeming usah langkah Fed tersebut lantaran pemotongan telah diperkirakan oleh pasar.

Harga emas kembali pulih saat ini, tetapi trader masih mengambil sikap hati-hati di tengah ketidakpastian atas langkah Fed berikutnya.

Bank sentral AS memiliki dua pertemuan kebijakan lagi untuk tahun ini, Oktober dan Desember, tetapi tidak ada kepastian pemangkasan suku bunga akan berlanjut. Perangkat Monitor Bunga Fed Investing.com menempatkan peluang penurunan suku bunga Oktober kurang dari 50%, tetapi memperkirakan pemotongan suku bunga lagi terjadi di bulan Desember.

Baca Juga : Harga Komoditas Telur Ayam Stabil

Meskipun tidak mempengaruhi harga emas hari ini, kekhawatiran No Deal Brexit agaknya sedikti mereda hari ini setelah Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan ia yakin kesepakatan bisa tercapai sebelum batas waktu.

“Saya pikir kita bisa mencapai sebuah kesepakatan,” Juncker menjelaskan dalam wawancara dengan Sky News. “Saya melakukan segalanya untuk membuat kesepakatan terwujud karena saya tidak menyukai gagasan no deal tersebut karena saya pikir ini akan memiliki konsekuensi yang sangat besar setidaknya untuk satu tahun.”

Pernyataan itu mendorong pound Inggris melaju tinggi terhadap dolar AS, tetapi berdampak kecil terhadap harga emas hari ini.