Harga Emas Naik

daftarhargakomoditi.web.id – Harga Emas Naik, Emas adalah salah satu logam mulia yang paling berharga, dan biasanya kenaikan harga emas berpicu ke komoditas lain.

Harga emas terdongkrak naik pada Senin di Asia setelah kekhawatiran resesi memicu permintaan safe-haven.

Emas Berjangka diperdagangkan naik 0,3% pada level $1322,05 di divisi Comex New York Mercantile Exchange pada pukul 12.25 WIB. Logam mulia pekan lalu membukukan kenaikan mingguan ketiga berturut-turut dan naik 1%, terbesar sejak awal Februari.

Baca juga : Penampakan Harga Logam Mulia 24-29 Maret

Pada hari Jumat, penyebaran antara tagihan Treasury 3-bulan dan imbal hasil 10-tahun terbalik untuk pertama kalinya sejak 2007 setelah data manufaktur AS tidak memenuhi perkiraan. Pembalikan kurva hasil ini secara luas dilihat sebagai indikator utama resesi.

Berita itu mengirim saham global lebih rendah, dengan Indeks Nikkei 225 Jepang anjlok lebih dari 3% pada hari Senin, sementara Indeks Hang Seng Hong Kong juga merosot mendekati 2%.

Di sisi lain, harga emas naik karena selera aset yang lebih aman meningkat.

“Tindakan harga dalam emas terus memberikan kekuatan kepada pandangan kami bahwa penurunan data yang diharapkan akan membantu memicu reli emas karena suku bunga terus turun dalam konteks ekonomi global yang melambat,” tulis analis di TD Securities dalam sebuah catatan.

Federal Reserve mempertahankan suku bunga ditahan awal bulan ini dan menunjukkan bahwa tidak akan ada kenaikan suku bunga lebih lanjut tahun ini – setelah menunjukkan pada bulan Desember bahwa keduanya bisa terjadi.

Di tempat lain, situasi Brexit yang tidak pasti juga akan diawasi dengan ketat. Batas waktu hari Jumat bagi Inggris untuk keluar dari Uni Eropa telah pukul mundur dua minggu hingga 12 April

Jika anggota parlemen menolak untuk menyetujui kesepakatan untuk ketiga kalinya dengan sejumlah opsi, termasuk Brexit no-deal, akan terbuka.

Perkembangan perdagangan Tiongkok-AS juga diharapkan menjadi fokus, karena pejabat tingkat tinggi dari AS dan China berkumpul di Beijing minggu ini untuk pembicaraan perdagangan lebih lanjut.