Fungsi Pasar Tidak Hanya Jual Beli

Daftarhargakomoditi.web.id – Pasar juga merupakan salah satu tempat utama dalam roda ekonomi suatu negara. Saat ini ada banyak jenis pasar di berbagai tempat, terutama di Indonesia. Beberapa contoh jenis pasar termasuk pasar tradisional dan pasar modern. Pasar tradisional adalah tempat di mana pembeli dan penjual menghadapi transaksi langsung dan pembeli dapat bernegosiasi.

Pasar modern contohnya seperti supermarket dan minimarket. Pasar modern tidak melakukan transaksi secara langsung. Pembeli akan melihat label harga yang sudah ditentukan atau ditempel sebelumnya dan tidak bisa ditawar, kemudian pembeli akan membayarnya di kasir dengan atau dilayani oleh pramuniaga.

Namun jenis pasar di atas tidak lepas dari fungsi pasar secara umum yaitu, tempat berlangsungnya jual beli sebuah produk berupa barang atau jasa. Pasar juga pada dasarnya merupakan sebuah tempat di mana terdapat interaksi antara dua belah pihak atau lebih yang sama-sama memiliki tujuan.

Pembeli dengan tujuan untuk mendapatkan yang dia inginkan atau butuhkan, penjual dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan dengan menjual produknya.

Di atas merupakan fungsi pasar secara umum, dan masih banyak fungsi pasar lainnya. Untuk mengetahui fungsi pasar yang lainnya, berikut ini daftarhargakomoditi.web.id sudah merangkum beberapa informasi mengenai fungsi pasar dari beberapa sumber, Jumat (29/03/2019).

Tempat Distribusi
Fungsi pasar yang pertama adalah tempat distribusi. Tempat distribusi ini adalah tempat terjadinya proses pemasaran sebuah barang dari penjual ke pembeli. Pada intinya pasar menjadi jembatan antara penjual yang ingin memasarkan barangnya kepada pembeli yang mencari barang tersebut.

Penjual atau yang lebih sering disebut produsen, kan membuat barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen atau pembeli. Fungsi pasar sebagai tempat distribusi memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Produsen atau penjual akan mendapatkan keuntungan dengan menjual barangnya, pembeli atau konsumen akan merasa puas karena mendapatkan barang yang dia butuhkan.

Pembentuk Harga
Dalam ekonomi pasar, harga merupakan ukuran nilai. Fungsi nilai untuk memecahkan masalah penentuan apa yang harus diproduksi oleh suatu perekonomian. Barang yang relatif lebih diinginkan oleh masyarakat biasanya mempunyai tingkat harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan barang yang tidak diinginkan masyarakat.

Harga juga harus sesuai dengan persetujuan dari kedua belah pihak yang melakukan transaksi jual-beli. Pasar berfungsi untuk menentukan dan menetapkan harga dengan tujuan agar semua tempat dan kalangan harga itu sama dan tentunya dengan syarat-syarat yang berlaku lainnya.

Baca juga : Cara Pemkab Antisipasi Harga Cabai

Sarana Promosi
Fungsi pasar selanjutnya adalah tempat untuk promosi. Promosi dalam hal ini bisa berbentuk promosi sebuah jasa ataupun promosi sebuah produk. Pasar menjadi tempat yang strategis dan efektif untuk digunakan sebagai tempat promosi karena banyak orang dan kerumunan yang datang kepasar untuk mencari kebutuhan hidup mereka.

Di sini produsen menjadi lebih mudah untuk mempromosikan produk terbaru atau produk yang dimiliki kepada masyarakat. Promosi memang perlu dilakukan untuk menunjang dan meningkatkan keinginan konsumen dalam membeli sebuah barang atau jasa.

Pembentukan Kreatifitas
Hadirnya pasar bisa menjadi tempat membentuk kreativitas bagi produsen bahkan konsumen. Mereka akan menemukan hal-hal yang baru, bisa berupa kebutuhan yang belum ada, atau barang lain yang bermanfaat lainnya.

Konsumen juga akan mendapatkan kreatifitasnya dalam membuat sesuatu karena menemukan banyak hal yang ada di pasar. Contohnya saja, konsumen menemukan banyak bahan untuk membuat sebuah makanan, dan lain sebagainya.

Tempat Besosial
Fungsi pasar selanjutnya adalah menajadi tempat untuk bersosial. Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk melakukan dan memenuhi kebutuhannya. Pasar menjadi tempat yang strategis untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak bisa mereka penuhi atau mereka buat sendiri.

Di dalam pasar juga akan terjadi sebuah komunikasi dan interaksi antara pihak penjual dan pembeli. Hal inilah yang membuat manusia menjadi lebih bersosial dan bisa berhubungan dengan orang lain.